FullConversation.com 728x90

Cara Membuat Email Di Gmail

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Logo Gmail

Karang Taruna Sumbersari~Jika sebelumnya saya telah posting artikel tentang Apa Itu Email???, sekarang saya akan memberikan tutorial atau Cara Membuat Email di Gmail. Pasti banyak yang sudah bisa membuat email, akan tetapi tutorial yang saya buat ini saya khususkan kepada para newbie atau pemula yang belum mengerti atau belum bisa membuat email. Terkadang banyak sekali para netter yang sudah punya email, facebook, twitter, GlobAllShare (ini yang terbaru), dan sosial media yang lain, tetapi dia sendiri belum bisa membuat email. Mungkin saja email, facebook, twitter yang dimiliki netter tersebut bukan hasil buatan sendiri melainkan dibuatkan teman, saudara, dan lain sebagainya. Mengapa kok saya beranggapan demikian, karena saya sering disuruh untuk membuat email berulang kali oleh orang yang sama.
Ok, tanpa panjang lebar silahkan ikuti panduan tentang Cara Membuat Email di Gmail di bawah ini :

1. Ketikkan www.gmail.com pada browser anda seperti gambar di bawah ini,
Gambar Tutorial membuat email di gmail 1
    atau langsung saja klik disini.
2. Setelah itu anda akan masuk di halaman gmail, kemudian klik kotak biru disamping kanan atas yang bertuliskan "Create an account" atau "Buat akun". Seperti gambar di bawah ini.
Gambar tutorial membuat email di gmail
3. Setelah itu anda akan menemukan tampilan baru, yang mana tampilan tersebut berisi form pendaftaran yang harus anda isi. Dalam kasus ini, saya contohkan dengan nama Muhammad Badaruddin. Jika anda merasa memiliki nama yang sama dalam kasus ini, maaf ya.... saya sengaja, hehehehe
Gambar tutorial membuat email di gmail
4. Ternyata, setelah saya mengetik alamat gmail pilihan saya, yang terjadi adalah keluar tulisan merah seperti yang di atas. Arti dari tulisan merah tersebut kurang lebih begini, "Seseorang telah memakai nama itu. Coba nama yang lain". Kemudian anda juga dikasih pilihan alamat email yang bertuliskan dengan warna biru di atas. Anda boleh pilih tulisan dengan meng-klik salah satu tulisan yang berwarna biru, atau mencoba yang lain.
5. Pada opsi ini, saya ingin coba alamat dengan nama lain. Seperti gambar di bawah ini.
Gambar tutorial membuat email di Gmail
6. Saya tuliskan "muhammadbadarud" saya sengaja menghilangkan kata "din" di akhir, ternyata bisa dan belum ada yang memakai alamat dengan nama tersebut.
7. Setelah itu buatlah password, jangan sampai melupakan password tersebut. Dan ketik ulang password tersebut seperti gambar di bawah ini,
Gambar tutorial membuat email di Gmail
8. Setelah itu isilah kolom "Birthday" atau "Tanggal Lahir", "Gender",
Gambar tutorial membuat email di Gmail
9. "Gender" itu untuk memilih apakah anda laki-laki atau perempuan. Jika anda laki-laki maka pilih "Male", jika anda perempuan maka pilih "Female". Untuk kolom "Mobile phone" adalah untuk menuliskan no. hp anda, jika tidak punya tidak diisi juga tidak apa-apa. Kemudian kolom "Your current email address" adalah untuk mengisikan alamat email jika anda sudah pernah membuat email. Jika belum pernah, tidak diisi juga tidak masalah. Tidak akan merusak pendaftaran di gmail. Perlu diingat, pada kolom "Birthday", saya pernah membuatkan adek saya email sesuai dengan identitas aslinya, saya isi pada kolom tahun lahirnya yaitu 2002, eh ternyata tidak bisa. Setelah saya cari mengapa kok tidak bisa, ternyata adek saya belum cukup umur untuk memiliki suatu email.
10. Setelah itu mengisikan di kolom "Prove you're not a robot", yaitu untuk mem-verifikasi email. Coba lihat gambar ini.
Gambar tutorial membuat email di Gmail
11. Pada gambar di atas, ada tulisan angka yang harus kamu masukkan di kotak "Type the text:" Jangan lupa untuk memberikan spasi satu kali diantara angka "23536554" dan angka "3". Setelah itu centang kotak kecil yang ada di samping tulisan "I agree to the Google Terms of Service and Privacy Policy". Lalu klik kotak biru bertuliskan "Next step". Dan anda akan dibawa ke halaman baru seperti gambar di bawah ini,
Gambar tutorial membuat email di Gmail
12. Klik kotak biru yang ada di bawah lingkaran yang didalamnya ada gambar orang. Setelah anda klik lalu akan ada tampilan berikut,
Gambar tutorial membuat email di Gmail
13. Lalu klik kotak biru yang ada di tengah sekali lagi. Dan anda berhasil membuat email.

Nb: Ingat selalu alamat email anda beserta passwordnya!

Ok, sekian dulu tutorial atau panduan dari saya. Jika sekiranya panduan atau tutorial tersebut bermanfaat, tolong share atau bagikan kepada teman-teman anda.
Jika masih bingung tentang apa itu email, klik Apa Itu Email.

Wassalam
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar